6 Cara Mengatasi Mata Lelah Ketika Berkendara

30 April, 2022
clock-bold
3 menit membaca

Image 6 Cara Mengatasi Mata Lelah Ketika Berkendara

Penggunaan mata dalam jangka waktu lama tanpa istirahat yang cukup, mengakibatkan mata lelah. Kondisi ini sering dialami oleh masyarakat modern di perkotaan karena gaya hidup membuat mata terus menerus digunakan secara intens, termasuk ketika harus berkendara perjalanan jauh atau dalam waktu lama. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi mata lelah saat mengendarai mobil.

Bagaimana mata lelah bisa terjadi saat menyetir? Menurut Dr. Hadi Prakoso, Sp.M, spesialis mata dari Klinik Mata Nusantara, Jakarta, mengatakan bahwa mata lelah saat menyetir terjadi karena harus konsentrasi ke jalan, apalagi jika menyetir dalam waktu lama, sehingga mata jarang berkedip. Inilah yang membuat mata menjadi kering dan kelelahan. Saat menyetir di malam hari, sorot lampu arah berlawanan juga bisa membuat mata silau dan perih jika terus berlangsung ke mata Anda.

Apa saja ciri-ciri mata lelah? Mata terasa berat, kadang berair, perih, kering atau gatal. Terkadang bisa kehilangan fokus dalam pandangan sehingga kabur dan sensitif pada cahaya. Leher, bahu, dan kepala juga bisa terasa nyeri.

Agar hal tersebut tidak terjadi, lakukan 6 tips mengatasi mata lelah berikut ini:

Tidur Cukup

Tidur Cukup

Tidur yang cukup adalah salah satu obat yang mujarab. Karena, selama tidur mata akan diisi ulang oleh nutrisi penting. Jika sedang melakukan perjalanan di jalan tol, Anda bisa berhenti di rest area untuk tidur sejenak.

Berkedip dan Tetes Mata

Berkedip dan Tetes Mata

Mengedipkan mata akan menghasilkan air yang akan melembabkan dan menyegarkan mata Anda. Selain itu, menggunakan tetes mata juga dapat membantu melembabkan mata Anda yang kering. Jadi sediakan selalu di dalam mobil.

Baca juga: Tips Mudik Lebaran Bersama Balita

Pijat Area Mata

Pijat Area Mata

Kelenjar air mata juga dapat dirangsang dengan pijatan lembut pada kelopak mata dan otot atas alis, dan atas pipi Anda. Lakukan hal ini maksimal dua kali sehari selama 10 detik. Pijatan ini juga bisa membuat mata kita segera rileks dan segar kembali.

Menggunakan Kacamata Hitam

Menggunakan Kacamata Hitam

Terik matahari juga menjadi sumber yang bisa menyebabkan mata kering dan lelah. Hal ini karena syaraf dan otot mata terus melakukan aktivitas untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam penglihatan. Dengan kacamata hitam penglihatan akan lebih terbantu karena mengurangi cahaya yang masuk ke mata sehingga terasa lebih dingin dan nyaman.

Olahraga Ringan

Olahraga Ringan

Mata terasa tidak nyaman tapi tidak merasa ngantuk, hanya merasa sedikit pegal-pegal. Lakukan olahraga ringan untuk mengatasi kelelahan tersebut dengan menggerakkan anggota badan dari atas ke bawah secara berurutan. Olahraga tidak hanya menyegarkan mata, tapi juga membuat aliran darah di tubuh menjadi lebih lancar.

Baca juga: Tips Istirahat di Mobil Saat Perjalanan Jauh 

Perhatikan Asupan Makanan

Perhatikan Asupan Makanan

Selain cara-cara di atas, perhatikan pula asupan makanan sehari-hari. Pastikan jika apa yang Anda konsumsi mengandung cukup vitamin A, C, dan E serta B kompleks dan zink agar kesehatan mata tetap terjaga. Bila perlu, konsumsi pula suplemen tambahan jika ingin meningkatkan dan memperbaiki kualitas penglihatan.

Bagi Anda yang memiliki intensitas tinggi dalam berkendara, penting bagi Anda untuk memperhatikan kesehatan mata. Jangan memaksakan, jika sudah merasa lelah segeralah berhenti dan mengistirahatkan mata. Siapkan kondisi fisik Anda dengan baik, untuk kualitas berkendara yang lebih baik pula, caranya adalah dengan mengikutip tips mengatasi mata lelah yang sudah dipaparkan di atas.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer